Visi Desa Arenan : Terwujudnya masyarakat Desa Arenan yang religi, aman, adil, makmur, dan sejahtera (Baidatun Toyyibatun Warobbun Ghofur)

Artikel

KEMERIAHAN ACARA RUWAT BUMI DESA ARENAN 2024

19 Juli 2024 18:37:50  Administrator  154 Kali Dibaca  Berita Lokal

Desa Arenan merupakan desa yang masih kental dengan tradisi budayanya, warga Desa Arenan pada tahun ini mengadakan bermacam-macam kegiatan tradisi budaya yang telah dilakukan sejak dulu. Salah satu tradisi budaya yang baru saja diadakan di Desa Wlahar adalah tradisi ruwat bumi, diadakan setahun sekali di bulan Suro, tradisi ini baru saja diselenggarakan pada hari Selasa, 16 Juli 2024 di depan Balai Desa Arenan. Ruwat bumi merupakan adat istiadat warga Desa Arenan, karena mayoritas mata pencaharian warga Desa Arenan adalah petani dan berladang, jadi mereka menganggap bahwa ruwat bumi adalah kegiatan yang harus dilakukan sebagai bentuk tasyakuran sekaligus agar para petani dan perkebunannya diayomi oleh leluhur. Ruwat bumi dipercaya dapat membawa berkah dan mengusir segala penyakit dan hama yang dapat menyerang perkebunan warga Desa Arenan, “Ruwat bumi adalah tasyakuran warga Desa Arenan yang bertujuan agar petani diayomi dan dibantu oleh leluhur sehingga hasil perkebunan mereka mendapat hasil yang lebih banyak dari sebelumnya dan tanamannya selalu terlindungi dari penyakit dan hama, karena pernah sekali tidak dilakukan ruwat bumi, alhasil padi milik warga terserang penyakit.” Kepala Desa Arenan, H Ikhwono A.Md. Pagelaran ruwat bumi di Desa Arenan disandingi dengan pertunjukkan wayang kulit oleh Dalang Ki  Dalang Siswoyo dan dimeriahkan juga oleh pagelaran wayang Ki Dalang Imam Sutikno.  

Rangkaian acara Ruwat Bumi Desa Arenan pada tahun ini diawali dengan bersih kubur, tahlil, arak arakan hasil bumi, ruwat bumi, dan diakhiri dengan pagelaran wayang kulit. Begitu antusias warga desa pada rangkaian acara tersebut dilihat dari banyaknya warga yang ikut andil dalam acara tersebut untuk memeriahkan Ruwat Bumi tahun ini. Warga desa dengan penuh kekompakan membiayai sendiri acara ini, menunjukkan kebersamaan dan kecintaan mereka terhadap warisan budaya nenek moyang.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Arsip Artikel

31 Maret 2013 | 175 Kali
Awal mula SID
18 Januari 2022 | 208 Kali
ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA ARENAN TAHUN ANGGARAN 2022
02 Maret 2022 | 412 Kali
Warga Desa Arenan Terima Sertifikat Tanah Program PTSL
01 Juni 2022 | 61.566 Kali
Sejarah Singkat Hari Lahir Pancasila
20 April 2014 | 171 Kali
Panduan
14 Maret 2024 | 236 Kali
RAPAT KONSULTASI DAN PEMBINAAN PKK DESA ARENAN
24 Agustus 2016 | 508 Kali
Pemerintah Desa Arenan

 Agenda

Belum ada agenda

 Sinergi Program

 Pemerintah Desa

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl Raya Arenan RT004RW003, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga
Desa : Arenan
Kecamatan : Kaligondang
Kabupaten : Purbalingga
Kodepos : 53391
Telepon :
Email : pemdesarenan@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:28
    Kemarin:271
    Total Pengunjung:312.351
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.131.13.120
    Browser:Mozilla 5.0