Visi Desa Arenan : Terwujudnya masyarakat Desa Arenan yang religi, aman, adil, makmur, dan sejahtera (Baidatun Toyyibatun Warobbun Ghofur)

Artikel

PELATIHAN TATA BOGA TP-PKK DESA ARENAN, TINGKATKAN RASA KEWIRAUSAHAAN

10 Agustus 2022 02:29:00  Administrator  176 Kali Dibaca  Berita Lokal

Selama dua hari, bertempat di Aula Balai Desa Arenan, Jum'at hingga Sabtu (29-30/07/2022), telah dilaksanakan kegiatan Pelatihan Tata Boga TP-PKK Desa Arenan, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Arenan sebagai bentuk pelaksanaan salah satu kegiatan yang telah direncanakan sejak tahun 2020 yang diusulkan salah satu anggota TP-PKK Desa Arenan, namun dikarenakan pada tahun 2020 sampai dengan 2021 terkendala pandemi COVID-19, sehingga terlaksana di tahun Anggaran 2022. Pelatihan tersebut bertujuan sebagai desar pembentukan Usaha Mikro Kecil Menengah bagi TP-PKK Desa Arenan dan untuk meningkatkan rasa kewirausahaan di antara para anggota TP-PKK Desa Arenan.

Di hari pertama yaitu Jum'at, 29 Juli 2022, acara dimulai dengan Pembukaan. Selanjutnya, pada pukul 08:00 WIB sampai dengan pukul 11:00 WIB dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Narasumber yang berasal dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Purbalingga. Dalam pembahasannya, Narasumber menyampaikan mengenai pentingnya perizinan berusaha dalam hal ini pembuatan Nomor Induk Berusaha serta langkah-langkah menghitung Harga Pokok Produksi. Pada pukul 13:00 WIB sampai dengan pukul 17:00 WIB, acara dilanjutkan dengan praktek membuat makanan kue basah yaitu mendut dan kroket dipandu oleh Narasumber yang berasal dari salah satu pelaku usaha katering di Desa Cilapar.

Di hari kedua yaitu Sabtu, 30 Juli 2022, pada pukul 08:00 WIB, acara diisi oleh Narasumber yang berasal dari Guru Tata Boga SMK Negeri 1 Kaligondang. Materi yang disampaikan yaitu mengenai komposisi nasi kotak, estetika nasi kotak, serta menghitung harga pokok produksi. Hingga pada pukul 10:00 WIB, dilanjutkan dengan praktek memasak dan menyusun nasi kotak dengan lauk ayam kremes, sambal bawang, dan trancam.

Dalam praktek memasak di hari pertama dan kedua, peserta dibagi ke dalam 5 (lima) kelompok yang berisi 6 (enam) orang anggota. Kelompok-kelompok tersebut diberikan nama Mawar, Anggrek, Bougenville, Tulip, dan Dahlia.

Antusiasme peserta pelatihan sejak hari pertama hingga hari kedua tidak berkurang. Hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya seluruh peserta secara lengkap yang berjumlah 30 (tiga puluh) orang serta keseluruhan peserta mengikuti acara hingga selesai.

Kepala Desa Arenan berharap, acara Pelatihan Tata Boga ini dapat berlanjut ke tahap selanjutnya untuk meningkatkan keahlian memasak dan kewirausahaan bagi TP-PKK Desa Arenan dan dapat meningkatkan kemajuan Desa Arenan.

Kegiatan Pelatihan Tata Boga TP-PKK Desa Arenan ini diakhiri pukul 13:00 WIB.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Agenda

 Sinergi Program

 Aparatur Desa

Back Next

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl Raya Arenan RT004RW003, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga
Desa : Arenan
Kecamatan : Kaligondang
Kabupaten : Purbalingga
Kodepos : 53391
Telepon :
Email : pemdesarenan@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:68
    Kemarin:57
    Total Pengunjung:94.196
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.16.1.1
    Browser:Tidak ditemukan